<!-- -->

Sunday, September 18, 2011

Berhati - Hatilah Membeli Blackberry Bekas


BlackBerry salah satu handset terlaris di Indonesia. Remaja pun sangat menggandrunginya. Nah biasanya, yang tidak punya uang cukup membeli baru, memilih mencari barang bekas. Supaya terhindar dari membeliBlackberry bekas dengan kondisi jelek, tips di ambil dari jeruknipis.com ini bisa menjadi petunjuk.
Pertama, periksa PIN. PIN adalah identitas BlackBerry selain IMEI. PIN digunakan untuk berkomunikasi seperti BlackBerry Messenger (BBM) atau pun PIN message. Banyak yang menjual BlackBerry bekas tetapi tidak jelas asal muasalnya. Yang ditakutkan adalah BlackBerry tersebut merupakan PIN kloning atau PIN bukan bawaan asli dari RIM. Jika menemukan PIN cloning dapat menyebabkan BlackBerry tersebut di suspend oleh RIM sehingga BlackBerry tersebut tidak bisa diaktifkan untuk layanan BIS-nya.
Biar tidak kecolongan, pastikan BlackBerry tersebut mempunyai identitas IMEI, PIN yang sama dengan yang tertera di dus, dan di dalam tempat memasang baterai dan juga di status ketika BlackBerry tersebut dinyalakan. Usahakan membeli BlackBerry bekas lengkap semua kelengkapannya
Lalu, amati selubung. Pastikan BlackBerry tersebut tidak pernah terjatuh bisa terlihat dari housing apakah ada baret, penyok dan sebagainya.
Pastikan juga apakah BlackBerry tersebut pernah tersiram air? Bisa dicek di stiker indikator air yang biasanya terletak di sisi dalam tempat memasang baterai. Apabila berwarna putih berarti belum terkena air. Apabila berwarna merah, positif pernah terkena air. Tetapi tidak menjadi jaminan, bisa jadi memang sudah pernah diganti housing-nya sehingga tidak tampak pernah terkena air.
Cek dengan menggunakan kartu GSM dengan kondisi BIS Aktif. Di sini akan terlihat apakah BlackBerry anda suspend atau tidak. Apabila terkoneksi “GPRS” maka seharusnya BlackBerry Anda aman dari suspend. Tapi apabila “gprs”, maka patut dipertanyakan apakah ini suspend atau tidak. Pastikan ketika melakukan pengetesan jaringan sedang dalam kondisi normal.
Pastikan BlackBerry bekas yang Anda beli bukan BlackBerry hasil colongan. Karena apabila bekas colongan, ditakutkan akan di Bom PIN message dari teman-teman pemilik sebelumnya yang kecopetan. Maksud dari Bom PIN adalah pengiriman PIN message secara berulang-ulang hingga ribuan kali sehingga membuat BlackBerry anda menjadi berat dan isinya penuh dengan pesan bahwa BlackBerry ini colongan.
Saran lain, ajak teman Anda yang mengerti soal BlackBerry. Zaman sekarang banyak sekali yang mengambil kesempatan untuk melakukan penipuan dalam menjual BlackBerry bekas.