<!-- -->

Thursday, June 28, 2012

Teknik Keamanan Password Email dan Media Sosial

Ya'ahowu - Password e-mail bisa dibilang menjadi pertahanan terakhir untuk keamanan berinternet. Seorang hacker bisa saja mengubah password (bahkan segalanya) akun sosial media, rekening bank, hanya dengan dengan memanfaatkan fitur ‘Lupa Password’ pada setiap akun online kita. Kebanyakan dari pengguna internet menggunakan password yang sama untuk semua akun online-nya. Walaupun terkesan lebih efisien, namun hal ini sebenarnya merupakan titik masuk bagi hacker jika salah satu dari akun tersebut dibobol.

Aplikasi ‘Password Management’ seperti KeePass (keepass.info) dapat membantu untuk menyimpan semua password dalam sebuah database yang terenkripsi dan memberikan akses dengan memakai satu master password.

Referensi lain untuk aplikasi manajemen password adalah LastPass(lastpass.com). LastPass mempunyai fitur extension pada hampir semua web browser yang populer seperti Chrome, Firefox dan IE. LastPass bahkan lebih mudah digunakan karena bisa melakukan sinkronisasi secara otomasi bila kita menggunakan komputer lain dengan browser yang terinstal extension lastpass. Bila perangkat kita terhubung ke internet melalui jaringan Wi-Fi, maka secara otomatis informasi login akan tersimpan pada data base LastPass yang terenkripsi.

Penggunaan Aplikasi Management Password seperti di atas memang langkah yang disarankan untuk meningkatkan keamanan akun pribadi, tapi itu pun belum sepenuhnya aman. Kategory password yang bisa dibilang sempurna adalah 2 (dua) suku kata yang tidak pernah / jarang diucapkan, tidak pernah ditulis dan diketik (kecuali pada textbox password). Karena akan terlihat lucu bila kita membuat password memakai kombinasi huruf, angka bahkan simbol sekalipun apabila kita (secara tidak langsung) memberitahunya. Ambil contoh pada akun facebook, banyak dari para pengguna menggunakan username yang sama dengan username pada akun emailnya dan malah membuatnya menjadi password. Mungkin bagi kita terlihat biasa saja, namun bisa saja terlihat seperti www.facebook.com/passwordku123

Satu Password untuk Semua

Bila dengan situasi tertentu hal sebelumnya tidak dapat dilakukan, teknik satu buah password untuk semua akun pun sebenarnya dapat saja dilakukan. Dengan beberapa kriteria tertentu kita bisa membuat password yang cukup kuat dengan mudah.

Password Dasar : Minimal 8(delapan) karakter menggunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka, spasi, bahkan simbol dan disarankan terdiri dari 2(dua) suku kata.

Mudah diingat : Konsep ini tidak hanya diartikan pada hal-hal yang kita sukai saja, tetapi juga sebaliknya. Bagi kita yang punya banyak akun sosial media mungkin sering mendapati kondisi dimana kita harus memilih dan menjawab sendiri akan hal-hal ‘favorit’ kita saat membuat akun. Itu bisa saja menjadi jalan bagi para hacker bila kita (secara tidak langsung) menyebarkannya melalui profil akun sosial media kita. Hindari pemakaian nama sendiri, tanggal ulang tahun.

Contoh : c3W ek Leb@y, 4Na Kala(y), t3rLa lud(!)ng1n, Ay4mG 0reng

Tidak disarankan untuk menggunakan contoh yang ada di atas, karena pada prinsipnya password yang aman adalah password yang hanya anda sendiri yang mengetahuinya. Pada akhirnya, tidak ada jaminan 100% dengan cara apapun yang dapat menghindarkan kita dari tingkah orang-orang jahil. Tetapi berusaha untuk mengantisipasi dan menjaganya lebih baik daripada menyesal di kemudian hari.