<!-- -->

Wednesday, October 19, 2011

Problem: Install Delphi 7 di Windows 7 Ultimate


Awalnya ingin nyoba windows 7 yang ori dari kantor, niatnya agar tidak ketinggalan dengan perkembembangan teknologi, windows 7 memang grafisnya sangat menarik.

Pada Prinsipnya menginstal aplikasi di windows 7 sama seperti windows XP, yakni tinggal ‘next-next aja.., Tapi yang perlu di perhatikan adalah windows 7 yang akan di install Delphi ini haruslah windows 7 yang 32-bit bukan 64-bit, karena Delphi ini hanya jalan di mesin 32-bit. 




Instalasi
  • Pastikan anda install delphi menggunakan hak administrator.
  • Jalankan instaler Delphi. Gunakan seting default untuk lokasi instalasinya. Abaikan peringatan yang muncul
  • Setelah selesai instalasi coba jalankan Delphi 7, pasti anda akan menemukan error tentang mengubah nama file delphi32.$$$ to .dro di lokasi  /program files/delphi directories . Dan sesuatu tentang debug yang perlu perubahan.
  • Jadi masalahnya sebenarnya ada disini karena terlalu proteksinya maka directory Delphi juga ikut terproteksi.

Setelah selesai menginstal, kini saatnya mencoba Delphi 7 berjalan di windows 7. Dari Start Program cobalah klik ‘All Program ‘ dan Cari ‘Borland Delphi’ . Ups.., apa yang terjadi..??? Muncul jendela peringatan sebagai berikut dan ketika Delphi –nya suka jalan , ganti form Aplikasinya yang tidak muncul. Rupanya inilah efek dari jendela warning tadi
 
Untuk mengatasinya ikutilah tips berikut ini. Dari All Program ke Borland Delphi (Klik Kanan) masuk ke Propertis hingga muncul jendela berikut ini. Pilih tab ’Compatibility’ , kemudian ’chek’ pilihan ’Compatibility mode’ di pilihan ’Windows XP (Service Pack 3)’
 Setelah selesai melakukan hal di atas, saatnya  kita lihat hasilnya.., Kita jalankan Program Delphi..., kira - kira seperti ini hasilnya..

 Selamat Mencoba